Sabtu, 26 Maret 2011

LUPUS-KU KEMANA?

Saya menggilai deretan kata-kata dalam sebuah buku ,asal muasal dan asbabun nujulnya adalah dari sebuah novel kecil bernama Lupus.Baik itu Lupus Kecil,Lupus Abege,Dan Lupus Dewasa.Bahkan mau ujian EsDe pun saya cuek bebek gak belajar,demi ngabisin buku Lupus yang suka diantri temen2(kasiannya saya juga pengantri karena yang punya hanyalah seorang teman  dekat yang selalu saya rindukan,Risa Susanti-sekarang Kedokteran UNLAM  Banjarmasin--.)
 Gila memang kalo udah berdua dengan Risa.Bereksplorasi kreatifitas.Koleksi bukunya segudang walo baru Esde,maklum dari kecil pola hidupnya cukup hedon.Tapi hedon yang positif.Kalo saya mah boro-boro,hanya berlindung dibawah ketiaknya,karena saya sehobi dan (mungkin!) dia sayang sama saya .haha
 Karena inspirasi seorang  Lupus,dulu sempat bikin majalah waktu kelas 5 SD ,majalah anak NICHA  yang dikarang sendiri,jual sendiri,dibeli sendiri,dibaca sendiri!halah!
Pokoknya,inspirasi saya itu adalah Lupus.
Tanpa sadar Hilman Hariwijaya(makasi Om!) membantu saya dalam upaya menemukan kecendrungan hidup saya.Minimal,yg paling konkritnya,kenapa saya masih mampu berkata2 disini,ini kan karena saya sering baca juga..dan bacaannya Lupus juga.
Lupus emang gak pernah lekang dimakan jaman.Dari jaman Duran-Duran sampe Limp Bizkit
Dari jaman saya pakai rok merah nan lucu,sampai berseragam PDH IPDN ini.Akh....
Namun,ada hal beda yang cukup terasa.Semoga aja Oom Hilman juga menyadarinya.
 Rupanya Lupus berubah..(Paling gak ini menurut saya lho)
Guyonannya mulai jadi kerasa hambar, jalan ceritanya mulai kerasa dibuat-buat, dengan penuh humor-humor yang  terlalu maksa dan berkesan slapstick.Penuh kejadian kebetulan yang serasa dipaksakan sama pengarangnya, cuma supaya tetap keliatan lucu.  Buku-buku Lupus yang saya baca saat ini  bener-bener gak  seperti Lupus yang dulu.
 Lupus  ketularan sinetron-sinetron di tivi yang mengumbar-umbar kemewahan itu. Topik ceritanya? udah kayak roman picisan!
 Lupus sudah nggak cerdas lagi. Pergaulannya juga terbatas. Teman-temannya cuma itu-itu aja. Gito atau Aji aja udah gak ada juga.Apalagi Fifi Alone.Padahal saya rindu Engkong Gusur,Nyak Boim.
Akh..!
 Dimensi karakter itu hidup dari masa kemasa.
 Sekarang,mentok-mentoknya – selain Boim dan Gusur – temannya Lupus cuma Adi Darwis yang rambutnya diwarnain niru-niru Hanamichi Sakuragi.
 Gak  ada lagi cerita tentang kehidupan wajar yang emang sangat mungkin terjadi di kehidupan nyata kayak kita2.Gak ada lagi cerita sarat pesan moral (walaupun sangat  ringan) kayak judul-judul “Mobil Boim Butut Sekali”, atau “Something are Better Left Unsaid”, yang bisa bikin saya mikir, OOoohhh, Lupus itu gak cuma sekedar cerita buat lucu-lucuan aja En..... Lupus itu ibaratnya more thaN meets the eye..Sampe-sampe saya jatuh cinta sama tokoh Lupus sendiri...Iya ini gak ngarang,saya bener2 jatuh cinta sama tokoh yg hanya ada di novel,gila gak..!Kata temen saya tiang bendera aja lebih mendingan En karena ada wujudnya.haha.Saya Kangen.Sumpah!!

1 komentar: